Rabu, 24 April 2013

Show, Don't Tell .. !!




Pembentukan kebiasaan baik sejak kecil sangat dianjurkan. Apalagi di usia emas atau Golden Age. Usia emas umumnya dari usia 0-6 tahun meskipun ada juga ahli yang mengatakan 0-8 tahun. Namun pada prinsipnya usia awal-awal anak sangatlah penting bagi pembentukan karakter anak. Usia emas, usia yang tidak dapat berulang.

Apa yang harus dilakukan jika menginginkan anak memiliki kebiasaan baik. Apakah dengan menjadwal kebiasaan mereka. Tentu ini baik, akan tetapi jika anak merasa terpaksa,hal ini akan berakibat buruk. Mungkin anak akan tetap melakukannya demi menyenangkan orang tua tetapi pada dasarnya dia merasa tertekan. Hal terbaik yang bisa dilakukan orang tua adalah memberikan rangsangan supaya kecerdasan anak terasah sampai optimal. Yakni dengan memberi stimulus yang sampai ke alam bawah sadar mereka sehingga melekat kuat dan tidak memaksakan anak.

Sebaiknya janganlah menyuruh anak untuk memiliki kebiasaan baik tetapi pertunjukkanlah apa itu kebiasaan baik. Misalnya Anda ingin anak memiliki kebiasaan baik membaca, buatlah pertunjukan yang riil pada anak. Sampaikan dengan contoh dan perbuatan yang nyata pada anak bahwa membaca adalah jenis kebiasaan baik. Biasakanlah Anda membaca di depan anak. Biarkan anak mengerti dan merasakan bahwa membaca merupakan kebiasaan yang baik. Ciptakan suasana supaya anak memiliki pengalaman sendiri. Lebih nyata, riil dan orisinil. Sesuatu yang nyata, sesuatu yang bisa dirasakan sendiri, anak akan lebih bisa menerjemahkan dengan baik. Kemampuannya lebih terasah dengan optimal. 

Ada banyak kejadian dimana orang tua menyuruh anak belajar atau membaca sedangkan dia sendiri asyik menonton TV. Anak mungkin akan patuh tetapi kepatuhan itu tidak sampai ke alam bawah sadar mereka. Karena hal itu bagi mereka tidak adil. Menyuruh meraka belajar sedangkan anda sendiri menonton TV. Meskipun masih anak-anak tetapi mereka telah mengerti tentang rasa adil, ingin diperlakukan sama. Akan lebih baik lagi jika  anda menyuruh anak-anak belajar dan anda pun mematikan TV kemudian ikut belajar. Ketika anak sedang belajar, duduklah disampingnya dan bacalah sebua buku. Anda bisa membaca buku resep masakan, kue, atau majalah atau novel atau apapun yang anda sukai. Tunjukkan pada anak bahwa anda pun ikut belajar. Sehingga anak merasa diperlakukan dengan adil. Anak tidak merasa bahwa anda hanya pandai menyuruh tetapi anda juga bisa memberi contoh.


Nah, sudah mempersiapkan jenis kebiasaan baik apa yang akan ditanamkan sejak kecil pada buah hati anda. Segera lakukan. Pertunjukkan jangan hanya dikatakan saja. Show, Don’t Tell.

Best Regards,
~asna rosela~

Banyumas, 03 April 2013; 08:29

Tidak ada komentar:

Posting Komentar