Rabu, 24 April 2013

Anak Banyak Bertanya, Layani Dengan Baik

 

Apakah Anda memiliki anak yang rasa ingin tahunya sedang tinggi-tingginya. Sehingga anak sangat rewel untuk menanyakan hal apapun yang baru baginya. Apapun yang dia lihat dan itu menarik baginya akan ditanyakan. Atau apapun kegiatan yang menarik baginya akan ia praktikkan. Apakah anak anda dalam taraf perkembangan yang demikian? Jika iya berbahagialah. Namun anda harus menyiapkan mental untuk melayaninya dengan telaten. 

Rasa ingin tahu anak yang tinggi suatu pertanda akalnya sedang mulai tumbuh. Itu berita bagus. Namun terkadang orang tua lelah melayani pertanyaan-pertanyaan anak yang seperti banjir dan terkadang merasa kesulitan untuk menemukan jawaban yang bisa dipahami dan tepat. Sehingga memilih untuk memintanya diam dan tidak usah banyak bertanya karena anda sedang sibuk misalnya. Sayangnya sikap seperti itu kurang baik bagi perkembangan anak untuk selanjutnya. Apalagi jika anak kemudian memutuskan untuk diam dan tidak bertanya-tanya lagi maka anda telah berbuat kesalahan dengan mematikan daya kritisnya. 

Hal terbaik yang harus dilakukan adalah layani pertnyaannya dengan baik. Beri penjelasan yang mudah dimengerti anak. Atau jika yang ditanyakan tidak membutuhkan penjelasan tetapi membutuhkan praktik, maka praktikkan di depan anak supaya anak mengerti. Hindari penjelasan yang membingungkan. Dan sebaiknya tidak membohonginya. Tanamkan sikap kejujuran dalam jawaban-jawaban anda. Dengan penjelasan yang baik maka pengertian yang diperoleh anak akan baik sehingga daya imajinasinya pun berkembang baik. Mungkin fase ini melelahkan tetapi jika anda berhasil melaluinya dengan baik maka perkembangan selanjutnya akan sangat baik.

Best Regards,
~asna rosela~
Banyumas, 14 April 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar